Liputan Khusus Berita

Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial

MURATARA.B-Lipuse.com — Dibalai Desa Pauh Kecamatan Rawas Ilir,  Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, gelar sosialisasi Sadar Gizi  dalam mencegah Stunting, dengan tema Gizi Optimal Untuk Generasi Milenial. Kamis (30/1/2020)

Acara dalam memperingati Hari Gizi Nasional ke -60 tahun ini, dihadiri langsung Ketua PKK Kabupaten Musi Rawas Utara, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PMD, Ketua Bayangkari Muratara, Camat Rawas Ilir, Kepala Desa Pauh dan Pauh 1 serta ratusan  remaja putra-putri Desa setempat

Menurut Ketua TP PKK Kabupaten Muratara Bunda Lia Syarif, “Di Muratara, angka kematian bayi diatas angka 30 jiwa per-tahunnya. Dengan adanya  sosialisasi ke masyarakat langsung, maka diharapkan dapat mengurangi Angka Kematian Anak (AKA), Angka Kematian Ibu (AKI) dan angka Stunting pada anak.

Kepada seluruh masyarakat Muratara,  agar selalu memeriksa kesehatan secara berkala pada pihak kesehatan yang terdekat,  terlebih lagi pada pasangan muda serta para ibu pada masa hamil agar rajin mendatangi posyandu terdekat.

Dalam proses melahirkan, apabila memakai dukun kampung hendaknya didampingi oleh Bidan Desa. Kepada seluruh pihak Kesehatan Kecamatan, jangan hanya menunggu  kita harus jemput bola, Dokter, Bidan serta Perawat  kita ajak berkeliling desa biar tahu dan cepat mengatasinya,” himbau Lia.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Muratara,  Marlinda,  “Pertumbuhan anak yang tidak subur disebut Stunting. Mari kita bersama membuat komitmen mencegah, karena angka stunting  sudah masuk Isu Nasional.

Peranserta dan kerja sama masyarakat dalam mendukung program kesehatan sangat diharapkan, dengan demikian maka akan terlaksana dengan baik dalam menuntaskan AKA, AKI dan Stunting serta membantu meningkatkan Gizi anak dan sadar kesehatan. Hal tersebut juga akan menekan angka Stunting  agat tidak melaju tinggi,” tutupnya ( J 02 )