Liputan Khusus Berita

Bappeda Muratara Rapat Konsultasi Publik

MURATARA.B-Lipuse.com – Badan Perencaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupeten Musi Rawas Utara, Provinsi Sumatera Selatan, melaksanakan Rapat Konsultasi publik bersama Lintas OPD Dan Organisasi Pemuda dalam menentukan  arah kebijakan pembangunan tahun 2021, di ofrum Sekda. Kamis (6/2/2020)

Acara langsung dibuka Bupati Muratara Syarif Hidayat, disertai mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah hadir.

Bupati meminta pada hadirin untuk memberikan saran pendapat guna perbaiki dan penyempurnaan kekurangan pada bahan rancangan awal RKPD tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara.

“Seusai dengan Perencanaan pembangunan yang berkualitas, seluruh perangkat daerah bekerjalah secara  bersinergi guna mendukung tema dan prioritas pembangunan dan tidak berkerja sendiri-sendiri serta menjauhkan ego sektoral.

Semuanya bekerja dalam mendukung visi-misi kita bersama. Kepada pimpinan dan anggota DPRD, Organisasi Masyarakat dan Pemuda serta seluruh lapisan masyarakat, untuk mensukseskan pembangunan di Bumi Berselang Serunding, sehingga bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” harap Bupati Syarif.

Sementara itu, dikatakan Kepala Bappeda kabupaten Musi Rawas Utara, Erwin,  Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 86 tahun 2017, tentang tatacara perencanaan pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah dan tatacara evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembangunan Jangka Panjang Daerah.

Tatacara Perubahan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah.   Dalam pasal 80 disebutkan,  rancangan awal RKPD dibahas dengan Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik, untuk memperoleh masukan dan saran.

“Tujuan pertemuan ini, untuk menjaring aspirasi terhadap rumusan tema RKPD dan menghimpun aspirasi para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan serta dapat menghasilkan pedoman bagi seluruh perangkat daerah dalam penyusunan rencana kerja (ranja) bagi perangkat daerah ,

Hendaknya konsultasi publik ini menjadi forum yang menentukan dan menyatukan persepsi serta pemahaman bersama, dalam menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah.

Supaya dengan merekomendasikan usulan masyarakat secara efektip, cermat dan terencana sehingga kebutuhan  masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap dan merata,” tegas Erwin

Nampak hadir, Seketaris Daerah Muratara, Kepala Kantor Kementerian Agama, semua asisten,.staf ahli, kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Bank BNI, Bank BRI dan kepala Bank Sumsel Babel. ( J 02 )