Liputan Khusus Berita

Dengan Bismillah, Ustadz Uje ikut “Bertarung”

MUSIRAWAS.B-Lipuse.com – Pemilihan Kepala Desa serentak, hanya beberapa bulan lagi akan dilaksanakan, tepatnya pada bulan April 2021 mendatang. Sebanyak 112 desa gelombang I, yang akan mengadakan pilkades di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan.

Ada hal yang menarik perhatian dalam pilkades kali ini, tepatnya di Desa Suka Maju, Kecamatan Sumber Harta. Dimana dalam Kecamatan Sumber Harta terdapat Empat Desa yang akan mengadakan
pemilihan Kepala Desa serentak ditahun 2021 ini.

Khususnya di Desa Suka Maju, muncul sosok yang tak asing dan sangat familiar dimata masyarakat, yakni seorang ustadz akan mengikuti ajang pemilihan menjadi orang nomor satu didesa tersebut. Ustadz yang bernama Juned, namun lebih dikenal dengan sapaan ustad UJE.

Ustadz Uje merupakan sosok yang dekat dengan semua golongan dan diterima oleh semua kalangan, baik dari golongan orang tua maupun pemuda atau sering disebut dengan kaum Milenial.

Menurut ustadz Uje, yang melatar belakangi dia mencalonkan diri sebagai bakal calon kepala desa, sejatinya tidak ada niat untuk menjadi kepala desa. Semua itu karna banyaknya permintaan dari masyarakat, baik dari tokoh agama,tokoh masyarakat, tokoh pemuda yang menginginkan saya menjadi kepala desa Suka Maju.

“Saya dulunya tidak ada niat untuk menjadi kepala desa, namun karena permintaan dari tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda datang, supaya maju dikontes pilkades serentak ini karena mereka menginginkan perubahan. Maka dengan BISMILLAH, saya mengikrarkan diri menjadi bakal calon kepala desa,” jelasnya

Selain banyaknya dorongan dari masyarakat, ustadz Uje juga ingin berkontribusi lebih, dalam memajukan desa tempat dia dilahirkan. selain itu, dia juga pernah menjabat menjadi Sekertaris Desa (sekdes) Desa Suka Maju.

“Walaupun dikenal sebagai ustadz oleh masyarakat, saya juga pernah menjabat sebagai sekdes. Selama menjadi Sekdes, saya tidak bisa berbuat banyak untuk masyarakat desa, karna kewenangan yang terbatas,” ujarnya. Senin (18/1/2021)

Juned merupakan sosok yang kuat dan tegar ini, juga mempunyai cita-cita mewujudkan perubahan yang signifikan terhadap lingkungan desanya, sekecil apapun itu, jika terdapat didesa akan
dia maksimalkan, sehingga menjadi bermanfaat untuk masyarakat desa.

“Saya akan mengaktifkan semua potensi yang ada didesa, karna sejatinya di Desa Suka Maju ini banyak potensi, namun Pemerintah Desa belum maksimal menggalinya, terutama untuk kaum melenial. Ditangan merekalah akan muncul ide-ide kreatif,” kata Uje

Selain dikenal sebagai ustadz, Juned juga aktif dibidang organisasi, diantaranya, menjadi pembina Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) 2008 sampai sekarang, aktif dalam pembinaan Karang Taruna, pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Forum Guru Ngaji (FGN) Nasional, Pengurus Paguyuban Sunda di Kecamatan SumberHarta dan aktif di Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ).

“Dengan pengalaman yang sudah saya dapatkan, Insya Allah, cita-cita yang menjadi harapan masyarakat semuanya bisa tercapai,” Do’a nya.

Diakhir perbincangan, Uje mengatakan tujuannya apabila diamanahkan menjadi kepala desa yaitu mengabdi dan mensejahterakan masyarakat, tidak untuk memperkaya diri sendiri ataupun keluarga.

“Saya maju menjadi bakal calon hanya ingin masyarakat sejahtera, tidak ada niat untuk memperkaya diri sendiri maupun keluarga. Semboyan saya, MENUJU PERUBAHAN, SUKAMAJU SEJAHTERA. SEJAHTERA artinya Selaras, Empati, Jujur, Amanah, Harmonis, Transparan, Energik, Religius, Aman,” ungkap Uje (Tamrin)