Liputan Khusus Berita

Pemkab Akan Melantik Lembaga Adat

MURATARA. B-Lipuse.com – Pemerintah Kabupaten akan melantik Lembaga Adat dibumi Barselang Serunding, pada Kamis Tanggal 31 Oktober 2019 mendatang . Demikian dikatakan Bupati Musi Rawas Utara melalui Assisten 1 Tata Pemerintahan, Susyanto Tunut di ruang kerjanya kepada awak media B-Lipuse.com

“Lembaga adat bertujuan untuk membina dan menjadi wadah bagi masyarakat dalam mewujudkan terpeliharanya kelestarian, mendorong perkembangan adat istiadat serta menjaga nilai – nilai sosial budaya ditengah masyarakat.

Hal ini dapat menghidupkan kembali nilai – nilai adat dan hukum adat yang berlaku selama ini ditengah masyarakat, dengan tujuan untuk menunjang dan meningkatkan pattisipasi serta menggali seluruh potensi yang ada.

Ini sangat berguna dalam melestarikan dan mengembangkan sumber daya yang dimiliki Kabupaten Muratara. Salahsatu contoh yakni semisalnya ada yang terjerat hukum yang masuk dalam kagori tindak pidana ringan.

Maka Lembaga Adat dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, melalui hukum adat yang berlaku di masing-masing wilayah. Sehingga tidak selalu harus ditangani oleh Aparat Penegak Hukum, dan cukup diselesaikan melalui lembaga adat sesuai dengan hukum adat .

Bila bisa diselesaikan dengan musyawarah untuk mupakat dan tepung tawar, maka kedua belapihak saling mema’afkan maka akan menambah keluarga. Kato wong muratara ko laju dapek dulur (red* Kata orang Muratara akhirnya mendapat keluarga),” Jelas Susyanto. (Zamzami)