Liputan Khusus Berita

Bupati : Pondok Pasentren Harus Dibumingkan

EMPATLAWANG.B-Lipuse.com – Pada peringatan Hari Santri Nasional ke 4 tahun 2019, Bupati H Joncik Muhammad menjadi Inspektur upacara di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Empat Lawang, Provinsi Sumatera Selatan. Selasa (22/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan bahwa Pondok Pesantren harus dibumingkan di Bumi Nusantara, dan dirinya sangat mengapresiasi peringatan hari santri ini.

“Dengan peringatan hari santri ini, kita ingin nilai-nilai ke Islaman yang selama ini bersumber dari pesantren itu betul-betul menjiwa di Indonesia, khususnya di Kabupaten Empat Lawang,”  Ucap Bupati.

Dan Bupati akan mendukung setiap kegiatan-kegiatan pesantren, bahkan salah satu cita-citanya yaitu ingin mendirikan pondok pesantren di Kabupaten Empat Lawang.

“Janji kami waktu kampanye akan mendirikan pondok pesantren di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia (RI), Lukman Hakim Saifudin yaitu, sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, kita selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda.

Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”, tahun 2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, dan tahun 2018 “BersamaSantri Damailah Negeri. Meneruskan tema tahun 2018, peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia,” jelas Bupati.

Sementara Kakankemenag Empat Lawang H Muahmmad Makki berharap, para santri dapat menjaga Ahklak mereka dengan baik. “Kita akan memberikan yang terbaik kepada para santri-santri kita, mulai dari pendidikan TK, MTS bahkan sampai ke MA,” ungkapnya (*Tamrin)